Cinta Luar Biasa BRI Untuk Sepakbola Indonesia Via BRI Liga 1

“Ih, jersey Persib kamu bagus, ori teu?”

“Asli dong! Aku beli di toko officialn-ya langsung! Apa itu barang palsu?”

Begitulah percakapan dua orang penggemar sepakbola yang siap-siap menonton pertandingan tim sepakbola kesayangannya di stadion saat BRI LIga 1 berlangsung. Euforia masyarakat Indonesia terhadap pertandingan sepakbola memang tak pernah surut ya. Mau beli tiket pertandingan timnas Indonesia melawan Arab Saudi saja sudah sold out sejak jauh-jauh hari.

Cinta Luar Biasa BRI Untuk Sepakbola Indonesia di BRI Liga 1
Cinta Luar Biasa BRI Untuk Sepakbola Indonesia di BRI Liga 1 (Foto: Liputan 1)

Tak hanya pemain, pelatih, staf dan penonton sepakbola saja yang berjasa atas berjalannya liga utama sepakbola di Indonesia. Terus, jasa siapa lagi dong?

Ya, kalian pasti tahu kan Bank BRI, bank pemerintah Republik Indonesia yang sudah berusia 128 tahun ini? Siapa sih yang tak kenal BRI? Bank yang pelayanannya luas hingga ke pelosok daerah Indonesia. Tak hanya memiliki banyak kantor cabang, tapi BRI juga memiliki agen BRILink yang bisa melayani kebutuhan transaksi perbankan nasabah di 34 provinsi di Indonesia.

Nah, selain pelayanan yang luas dan merata hingga ke pelosok daerah Indonesia, Bank BRI ini juga memiliki komitmen untuk menghidupkan dunia sepakbola di Indonesia. Bayangkan, saat Covid melanda dunia, BRI dengan gagah-berani menjadi sponsor utama liga sepakbola di Indonesia yaitu BRI Liga 1 tahun 2020.

Mengembangkan Sepakbola Nasional

Sejak saat itu, BRI sudah empat musim berturut-turut menjadi sponsor utama liga tersebut. Mengapa mereka bersedia menjadi sponsor liga sepakbola Indonesia? Ada beberapa alasan. Yang pertama, sepakbola adalah olahraga populer di Indonesia. BRI ingin ikut serta dalam meningkatkan kualitas dunia sepakbola di Indonesia. BRI ingin mengembangkan sepakbola nasional

Salah satu caranya adalah dengan menjadi sponsor liga sepakbola yang akan meningkatkan kemampuan pesepakbola Indonesia. Dengan liga yang terus berjalan, jam terbang pemain akan bertambah dan tentu saja akan meningkatkan kualitas mereka. Belum lagi, liga ini adalah ajang untuk menemukan bakat-bakat baru yang andal di bidang sepakbola.

Meningkatkan Awareness Masyarakat Terhadap BRI

Alasan lainnya, tentu saja BRI ingin lebih meningkatkan awareness masyarakat terhadap bank yang berdiri pada 16 Desember 1895 ini. Ya, menjadi salah satu bank tertua di Indonesia bukan berarti semua penduduk Indonesia tahu tentang BRI. Untuk itulah, menjadi sponsor utama sepakbola ini membuat para penonton lebih aware dengan BRI.

Cinta Luar Biasa BRI Untuk Sepakbola Indonesia Via BRI Liga 1

Apalagi, BRI memang punya visi dan misi untuk melayani masyarakat Indonesia lebih luas lagi. BRI juga ingin meningkatkan jumlah nasabah yang menggunakan aplikasi mobile banking BRI yaitu BRImo.

Ternyata, tujuan untuk meningkatkan awareness penonton pada BRI berhasil lho, Pejalan Santai. Awal 2021, hanya 79% penonton yang kenal dengan brand BRI. Namun, memasuki tahun keempat BRI menjadi sponsor liga, pengetahuan penonton tentang BRI meningkat hingga 100%. Tentu saja, hal ini berdampak positif terhadap branding dan peningkatan jumlah nasabah BRI secara signifikan, ya. Ingat BRI, ingat sepakbola Indonesia. Cakep, ya!

Menggerakkan Perekonomian Indonesia

Ajang BRI Liga 1 ini juga menjadi ajang untuk meningkatkan kepedulian penonton pada produk-produk lokal buatan Indonesia. Contohnya saja pada musim 2023/2024, sebanyak 17 tim yang berlaga di liga tersebut mengenakan jersey buatan lokal. Ada 16 perusahaan jersey lokal yang mengurus bagian seragam sepakbola tim yang berlaga. Hal ini tentu saja membawa angin sejuk pada dunia usaha Indonesia yang sedang lesu.

Beberapa klub sepakbola bahkan meluncurkan jersey produksi mereka sendiri berkolaborasi dengan UMKM untuk dijual kepada fans mereka. Sebut saja Persis Solo, PSS Sleman dan Persib Bandung. Model, bahan, dan kualitas jersey mereka pun tak kalah dengan jersey buatan luar negeri.

Sebut saja, Persib Bandung yang menggandeng UMKM lokal di bidang fashion asal Bandung yaitu Cosmic dan Hammerstout untuk memproduksi berbagai produk merchandise resmi Persib Bandung. 13 jenis produk mereka bisa dibeli penggemar di markas klub Persib di Graha Persib. Hal ini tentu saja menggembirakan pihak BRI yang tujuan menjadi sponsor utama liga tak hanya karena ingin memajukan sepakbola nasional tapi juga ingin menggerakkan perekonomian Indonesia.

Jadi, tak hanya pemain, pecinta sepakbola dan sponsor saja yang mendapatkan keuntungan dari berjalannya liga 1 ini tapi juga para pelaku usaha UMKM di Indonesia. Sekali dayung, dua tiga pulau terlampaui, bukan?

Pada laga BRI Liga 1 musim 2024/2025 yang diikuti 18 klub dan resmi dimulai pada Agustus 2024, ini beberapa tim terkenal merilis jersey baru. Para penggemar mereka tentu saja tak mau ketinggalan mengoleksi jersey baru mereka, dong. Nah, kalian bisa dengan mudah membelinya jersey klub yang berlaga di liga tahun ini di berbagai toko official klub ya. Nah, saat bayar jangan lupa bayarnya melalui mobile banking BRImo, atau QRIS BRImo dong. Ya, aplikasi digital banking andalan BRI ini memiliki banyak promo dan diskon menarik. Salut banget untuk komitmen BRI memajukan dunia sepakbola nasional sekaligus menggerakkan perekonomian rakyat.

 

 

Comments

  1. Emg sih klo olahraga pengen maju, harus banyak yang topang atau jadi sponsor

    ReplyDelete
  2. ku juga paling suka liga ini, sangat menghibur dan suportif :D

    ReplyDelete

Post a Comment