“Ih, jersey Persib kamu bagus, ori teu?”
“Asli dong! Aku beli di toko
officialn-ya langsung! Apa itu barang palsu?”
Begitulah percakapan dua orang
penggemar sepakbola yang siap-siap menonton pertandingan tim sepakbola
kesayangannya di stadion saat BRI LIga 1 berlangsung. Euforia masyarakat Indonesia terhadap pertandingan
sepakbola memang tak pernah surut ya. Mau beli tiket pertandingan timnas
Indonesia melawan Arab Saudi saja sudah sold out sejak jauh-jauh hari.
Cinta Luar Biasa BRI Untuk Sepakbola Indonesia di BRI Liga 1 (Foto: Liputan 1)
Ya, kalian pasti tahu kan Bank
BRI, bank pemerintah Republik Indonesia yang sudah berusia 128 tahun ini? Siapa
sih yang tak kenal BRI? Bank yang pelayanannya luas hingga ke pelosok daerah
Indonesia. Tak hanya memiliki banyak kantor cabang, tapi BRI juga memiliki agen
BRILink yang bisa melayani kebutuhan transaksi perbankan nasabah di 34 provinsi
di Indonesia.
Nah, selain pelayanan yang luas
dan merata hingga ke pelosok daerah Indonesia, Bank BRI ini juga memiliki
komitmen untuk menghidupkan dunia sepakbola di Indonesia. Bayangkan, saat Covid
melanda dunia, BRI dengan gagah-berani menjadi sponsor utama liga sepakbola di
Indonesia yaitu BRI Liga 1 tahun 2020.
Mengembangkan Sepakbola
Nasional
Sejak saat itu, BRI sudah empat
musim berturut-turut menjadi sponsor utama liga tersebut. Mengapa mereka
bersedia menjadi sponsor liga sepakbola Indonesia? Ada beberapa alasan. Yang pertama,
sepakbola adalah olahraga populer di Indonesia. BRI ingin ikut serta dalam meningkatkan
kualitas dunia sepakbola di Indonesia. BRI ingin mengembangkan sepakbola
nasional
Salah satu caranya adalah dengan menjadi
sponsor liga sepakbola yang akan meningkatkan kemampuan pesepakbola Indonesia.
Dengan liga yang terus berjalan, jam terbang pemain akan bertambah dan tentu
saja akan meningkatkan kualitas mereka. Belum lagi, liga ini adalah ajang untuk
menemukan bakat-bakat baru yang andal di bidang sepakbola.
Meningkatkan Awareness
Masyarakat Terhadap BRI
Alasan lainnya, tentu saja BRI ingin
lebih meningkatkan awareness masyarakat terhadap bank yang berdiri pada 16 Desember
1895 ini. Ya, menjadi salah satu bank tertua di Indonesia bukan berarti semua
penduduk Indonesia tahu tentang BRI. Untuk itulah, menjadi sponsor utama
sepakbola ini membuat para penonton lebih aware dengan BRI.
Apalagi, BRI memang punya visi dan misi untuk melayani masyarakat Indonesia lebih luas lagi. BRI juga ingin meningkatkan jumlah nasabah yang menggunakan aplikasi mobile banking BRI yaitu BRImo.
Ternyata, tujuan untuk meningkatkan
awareness penonton pada BRI berhasil lho, Pejalan Santai. Awal 2021, hanya 79%
penonton yang kenal dengan brand BRI. Namun, memasuki tahun keempat BRI menjadi
sponsor liga, pengetahuan penonton tentang BRI meningkat hingga 100%. Tentu
saja, hal ini berdampak positif terhadap branding dan peningkatan jumlah nasabah BRI secara signifikan, ya. Ingat BRI, ingat sepakbola Indonesia. Cakep, ya!
Menggerakkan Perekonomian
Indonesia
Ajang BRI Liga 1 ini juga menjadi
ajang untuk meningkatkan kepedulian penonton pada produk-produk lokal buatan Indonesia.
Contohnya saja pada musim 2023/2024, sebanyak 17 tim yang berlaga di liga
tersebut mengenakan jersey buatan lokal. Ada 16 perusahaan jersey lokal yang mengurus
bagian seragam sepakbola tim yang berlaga. Hal ini tentu saja membawa angin
sejuk pada dunia usaha Indonesia yang sedang lesu.
Beberapa klub sepakbola bahkan
meluncurkan jersey produksi mereka sendiri berkolaborasi dengan UMKM untuk dijual kepada fans mereka. Sebut
saja Persis Solo, PSS Sleman dan Persib Bandung. Model, bahan, dan kualitas
jersey mereka pun tak kalah dengan jersey buatan luar negeri.
Sebut saja, Persib Bandung yang menggandeng
UMKM lokal di bidang fashion asal Bandung yaitu Cosmic dan Hammerstout untuk
memproduksi berbagai produk merchandise resmi Persib Bandung. 13 jenis produk mereka
bisa dibeli penggemar di markas klub Persib di Graha Persib. Hal ini tentu saja
menggembirakan pihak BRI yang tujuan menjadi sponsor utama liga tak hanya karena
ingin memajukan sepakbola nasional tapi juga ingin menggerakkan perekonomian
Indonesia.
Jadi, tak hanya pemain, pecinta
sepakbola dan sponsor saja yang mendapatkan keuntungan dari berjalannya liga 1
ini tapi juga para pelaku usaha UMKM di Indonesia. Sekali dayung, dua tiga
pulau terlampaui, bukan?
Pada laga BRI Liga 1 musim
2024/2025 yang diikuti 18 klub dan resmi dimulai pada Agustus 2024, ini
beberapa tim terkenal merilis jersey baru. Para penggemar mereka tentu saja tak
mau ketinggalan mengoleksi jersey baru mereka, dong. Nah, kalian bisa dengan
mudah membelinya jersey klub yang berlaga di liga tahun ini di berbagai toko official klub
ya. Nah, saat bayar jangan lupa bayarnya melalui mobile banking BRImo, atau
QRIS BRImo dong. Ya, aplikasi digital banking andalan BRI ini memiliki banyak
promo dan diskon menarik. Salut banget untuk komitmen BRI memajukan dunia sepakbola
nasional sekaligus menggerakkan perekonomian rakyat.
Emg sih klo olahraga pengen maju, harus banyak yang topang atau jadi sponsor
ReplyDeleteku juga paling suka liga ini, sangat menghibur dan suportif :D
ReplyDelete